Kuis IMK (Interaksi manusia dan komputer)



Latihan Soal BAB 1
  1.  Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) ?
  2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface ?
  3. Jelaskan definisi Ergonomi itu?
  4.  Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
  5.  Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK?
  6. Apa saja yang terlibat dalam IMK?
  7. Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
  8. Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?
  9. Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
  10. Jelaskan tentang hubungan manusia,komputer dan interaksi dalam IMK?

Jawaban
1.      Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface). Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
 
2.      IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) atau HCI (Human Computer Interaction) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait dengannya.  Sedangkan User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Jadi user interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer. 
3.      Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk kondisi yang EASNE yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efisien
4.      Karena ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman,orang yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang lama maka bentuk fisik seperti meja,kursi,monitor,keyboard,pengaturan cahaya,kebersihan tempat kerja, posisi duduk dan beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja meskipun setiap orang memiliki sifat yang berbeda tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.

5.       Bidang ilmu yang terkait : 
Teknik Elektronika; ilmu komputer
      Bidang ilmu membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam merancang interaksi manusia dan computer.
 Psikologi
     Bidang ilmu ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna yang beraneka ragam.
 Ergonomi
     Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat alat antarmuka  antara manusia dan mesin.
 Ilmu Bahasa (Linguistik)
     Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
 Sosiologi
     Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia  komputer pada struktur lingkungannya.
Rekayasa Perangkat Lunak
     Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly.
Kecerdasan Buatan
     Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan perting untuk menciptakan suatu system yang handal,canggih dan menyerupai pola piker manusia.
Desain grafis dan tipografi
     Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadapdesain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan  powerfull.

6.     komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
  • User (manusia)
  • Sistem (mesin)
  • Interaksi
  • Psikolog iilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan  mengenai presepsi user, kognitif,kemampuan memecahkan masalah.
  • Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karakteristik fisik user
  • Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara  luas. 
  • Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan. 
  • Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.  
  • Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface. 
  • Technical writing agar mampumembuat manual.

7.      Yang mempunyai bentuk tampilan yang dapat dilihat dan umumnya bersifat tetap yang selalu digunakan pada sebuah program aplikasi komputer. User friendly artinya antarmuka yang akan  digunakan bisa dioperasikan dengan mudah, mudah dipahami, mudah dipelajari, dan pengguna  (user) merasa nyaman menggunakan interface tersebut.

8.    strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer     
  •   Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer
  •  berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
  •  penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara   
  •  bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system
  •  Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan

9.      Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara  cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan,  perusahaaan, dsb). Kemajuan teknologi ini juga memperngaruhi rancangan sistem, sehingga muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan  tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan komputer.

10.  Menurut pendapat saya  interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.



Latihan Soal BAB 2
1. Latihan Soal-soal
1.              kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah…
a.        Biru, Hitam, Hijau
b.       Kuning, putih, hitam
c.       Putih, biru, cyam
d.       Merah, kuning, biru

2.               Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa…
a.       Sentuhan
b.      Penglihatan
c.       Suara
d.      Perasa

3.               Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tingggi dapat dihasilkan jika :
a.       Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu waktu yang lama
b.      Selalu ada hiburan yang menarik perhatuan pada setiap layer
c.       Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan kearah solusi
d.      Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lambat

4.               Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyatan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan pengendali lalu lintas udara :
a.      Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikti dikorbankan
b.      Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebaskesalahan
c.       Perancangan system sulit, perancang harus membuat system transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang tugasnya.
d.     Kecepatan kinerja penting tetapi kesalahan operator ditoleransi.

5.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan,jari jemari dan lengan?
a.       Pemasukan data
b.      Pekerjaan interaktif
c.       Akuisisi data
d.      Pengolahan kata

6.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang  tinggi serta beban otot yang rendah?
a.       Pemasukan data
b.      Pekerjaan interaktif
c.       Akuisisi data
d.      Pengolahan kata

7.               Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi  expert frequent user?
a.        Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai dengan melakukan task sederhana
b.      Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want exit  this program?”
c.       Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
d.       Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts