Latihan Soal BAB 1
- Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) ?
- Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface ?
- Jelaskan definisi Ergonomi itu?
- Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
- Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK?
- Apa saja yang terlibat dalam IMK?
- Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
- Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?
- Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
- Jelaskan tentang hubungan manusia,komputer dan interaksi dalam IMK?
Jawaban
1. Human Computer Interaction (
Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah Sebuah hubungan antara manusia dan
komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem
yang menggunakan antarmuka (interface). Istilah lain: man-machine interaction
(MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction
(HMI)
2. IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)
atau HCI (Human Computer Interaction) merupakan ilmu yang mempelajari tentang
perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk
digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait
dengannya. Sedangkan User interface adalah bagian sistem komputer yang
memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Jadi user interface
merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer.
3. Ergonomi adalah ilmu yang memelajari
mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem
kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan
bahwa aplikasi ilmu ergonomi adalah membentuk kondisi yang EASNE yaitu efektif,
aman, sehat, nyaman dan efisien
4. Karena ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman,orang yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang lama maka bentuk fisik seperti meja,kursi,monitor,keyboard,pengaturan cahaya,kebersihan tempat kerja, posisi duduk dan beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja meskipun setiap orang memiliki sifat yang berbeda tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.
5. Bidang ilmu yang terkait :
Teknik
Elektronika; ilmu komputer
Bidang ilmu membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak
yang akan digunakan dalam merancang
interaksi manusia dan computer.
Psikologi
Bidang ilmu ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan
manusia yang berbeda-beda,
kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna
yang beraneka ragam.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan
mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman
dalam desain tempat kerja dan lingkungannya,
papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat alat
antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu
Bahasa (Linguistik)
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan
dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan
‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari
pengaruh sistem manusia komputer pada struktur
lingkungannya.
Rekayasa
Perangkat Lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang
efektif, efisien serta user friendly.
Kecerdasan
Buatan
Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan
pekerjaan sebaik yang dilakukan
manusia. Faktor ini berperan perting untuk menciptakan suatu system yang
handal,canggih dan menyerupai
pola piker manusia.
Desain
grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah
peningkatan yang penting terhadapdesain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull.
6. komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
- User (manusia)
- Sistem (mesin)
- Interaksi
- Psikolog iilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai presepsi user, kognitif,kemampuan memecahkan masalah.
- Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karakteristik fisik user
- Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
- Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan.
- Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
- Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
- Technical writing agar mampumembuat manual.
7. Yang mempunyai bentuk
tampilan yang dapat dilihat dan umumnya bersifat tetap yang selalu digunakan pada sebuah program aplikasi
komputer. User friendly artinya antarmuka yang akan digunakan bisa dioperasikan dengan mudah, mudah dipahami, mudah dipelajari,
dan pengguna (user) merasa
nyaman menggunakan interface tersebut.
8. strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan
computer
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer
- berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
- penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara
- bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system
- Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan
9. Sejarah interaksi
manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang
diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan
teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke
berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaaan, dsb). Kemajuan teknologi ini juga
memperngaruhi rancangan sistem, sehingga muncul isu teknik antarmuka
pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface
(MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan tahun 80-an, para
peneliti akademis mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction
(HCI) atau Interaksi Manusia dan komputer.
10. Menurut pendapat saya interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog
dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan
komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas
yang diinginkan.
1. Latihan
Soal-soal
1.
kombinasi
warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah…
a. Biru, Hitam, Hijau
b. Kuning, putih, hitam
c. Putih, biru, cyam
d. Merah, kuning, biru
2.
Echoic pada
memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa…
a. Sentuhan
b. Penglihatan
c. Suara
d. Perasa
3.
Kecepatan
kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tingggi
dapat dihasilkan jika :
a. Pemakai masih pemula sehingga tidak
keberatan menunggu waktu yang lama
b. Selalu ada hiburan
yang menarik perhatuan pada setiap layer
c. Ada umpan balik yang jelas tentang
kemajuan kearah solusi
d. Pemakai sabar dan berlatar belakang
budaya yang cenderung lambat
4.
Sehubungan
dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyatan
berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan pengendali lalu lintas udara :
a. Biaya perlu ditekan agar rendah,
meski kehandalan sedikti dikorbankan
b. Waktu pelatihan yang lama
tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebaskesalahan
c. Perancangan system
sulit, perancang harus membuat system transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang
tugasnya.
d. Kecepatan kinerja penting tetapi
kesalahan operator ditoleransi.
5. Dari jenis pekerjaan mana yang
memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan,jari jemari dan lengan?
a. Pemasukan data
b. Pekerjaan interaktif
c. Akuisisi data
d. Pengolahan kata
6. Dari jenis pekerjaan mana yang
memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta
beban otot yang rendah?
a. Pemasukan data
b. Pekerjaan interaktif
c. Akuisisi data
d. Pengolahan kata
7.
Dalam
perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a. Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan
pemakai dengan melakukan task sederhana
b. Sering memberikan
pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want exit this program?”
c. Perlu melindungi pemakai dari
kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
d. Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar
tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat
0 komentar:
Posting Komentar