1. Kecerdasan Buatan dalam beberapa bidang aplikasi, yaitu :
a. Bidang Komputer dan
Sains Para Peneliti kecerdasan buatan telah
membuat banyak alat untuk memecahkan beberapa masalah yang dapat dikategorikan
paling rumit pada bidang komputer dan sains. Kebanyakan dari penemuan mereka
telah diambil alih oleh cabang ilmu komputer dan sains dan tidak lagi menjadi
bagian dari bidang ilmu kecerdasan buatan. Namun, bidang ilmu kecerdasan buatan
tetap saja sulit untuk dilepaskan dari bidang ilmu ini, dikarenakan banyak
bagian dari kecerdasan buatan yang digunakan dalam bidang komputer dan sains
ini. Salah satu contohnya adalah konsep jaringan syaraf tiruan yang digunakan
untuk mengkalkulasi probabilitas kondisi-kondisi yang akan terjadi pada masa
yang akan datang. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para
peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi
koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman
dinamis serta pemrograman orientasi objek.
b.
Finansial Pada bidang
finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian
operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki
kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi
di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham
sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail. Menggunakan
jaringan syaraf tiruan yang dapat mendeteksi adanya perubahan-perubahan harga
saham pada masa yang akan datang, membuat sistem kecerdasan buatan ini sangat
layak digunakan dalam bidang Finansial.
c.
Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, salah
satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan
rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma
ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat
ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang. Konsep sistem
pakar yang juga merupakan salah satu cabang ilmu dari kecerdasan buatan juga
digunakan untuk mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien sehingga
memudahkan kerja dokter.
d.
Industri
Pada bidang Industri penggunaan mesin sudah merupakan hal yang umum. Mesin
biasanya digunakan dalam industri untuk pekerjaan yang membahayakan manusia dan
yang sulit untuk dilakukan manusia. sebagai contoh memindahkan barang yang
mempunyai berat ber ton-ton, pemotongan besi dan baja. bahkan dalam industri manufaktur,
pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan konsistensi sudah
diambil alih oleh mesin. Hal ini dikarenakan manusia mempunyai konsentrasi yang
tidak tetap dan stamina yang cepat habis. Kondisi seperti ini yang berbahaya,
baik bagi pekerja tersebut, pabrikan, dan konsumen tentunya. Oleh karena itu,
sistem kecerdasan buatan telah diimplementasikan secara nyata pada bidang
industri ini. Satu lagi impementasi dari sistem kecerdasan buatan pada bidang
industri, yakni Quality Control yang dilakukan menggunakan sistem image
processing.
e.
Transportasi Pada
bidang transportasi kecerdasan buatan sudah diimplementasikan pada banyak hal
seperti sistem kontrol perpindahan gigi otomatis pada gearbox mobil
bertransmisi otomatis yang menggunakan Fuzzy Logic sebagai salah satu cabag
ilmu kecerdasan buatan. Penentuan rute tercepat juga dapat dilakukan oleh
decision support system yang juga merupakan salah satu cabang dari kecerdasan
buatan yang menggunakan GPS sebagai alat bantu navigasinya. Baru-baru ini juga
telah dikembangkan sistem kecerdasan buatan yang dapat mengemudi secara
otomatis serta melakukan parkir serial tanpa bantuan manusia sama sekali.
f.
Telekomunikasi Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak
digunakan antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka,
mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji
sesuai dengan kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan
kecerdasan buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya.
g.
Pengembangan
Mainan(Robotika) Peralatan permainan
seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yang menyerupai manusia
yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu favorit alat bermain
yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO dan ASIMO ini
dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech recognition di
dalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia dan
menanggapinya.
0 komentar:
Posting Komentar